Bismillahirrahmanirrahim.

Halaman ini dimutakhirkan pada 11 Juni 2016.

Laman ini perlu dibuat tersendiri karena saking banyaknya keuntungan metode instalasi Alldeb. Prinsip Alldeb adalah single offline installer. Oleh karena itu, ia membawa keuntungan yang sama persis dengan MSI, DMG, dan APK di Windows, Mac OS X, dan Android.

  1. Anda jadi lebih mudah menginstal aplikasi.
  2. Anda tidak perlu menginstal aplikasi sembari memikirkan dependensi-dependensinya. Anda cukup mengunduh 1 paket untuk 1 aplikasi termasuk dengan seluruh dependensinya. Manfaatnya adalah hemat waktu yang sangat banyak dan hemat daya otak. Prinsip instalasi normal Ubuntu tidak bisa melakukan ini.
  3. Anda bisa mengunduh paket .alldeb di komputer lain tanpa requirement apa pun dan menginstalnya di komputer Anda dengan sukes. Ini berkebalikan dari prinsip instalasi aplikasi normal di Ubuntu, yang mempersulit hal ini. Kalaupun Ubuntu bisa, itu pun harus dilakukan dengan requirement yang banyak macam dan umumnya panjang-panjang. Anda bisa menyimpan instaler aplikasi (dalam hal ini paket-paket .alldeb) untuk digunakan ulang di masa depan. Hal ini menghemat bandwidth internet karena Anda tidak usah mengunduh lagi aplikasinya jika Anda instal ulang Ubuntu. Prinsip instalasi normal Ubuntu tidak bisa melakukan hal ini.
  4. Anda bisa menginstal paket instaler yang telah disimpan pada Ubuntu di komputer lain. Ini menghemat bandwidth internet berkali-kali lipat apalagi jika dibutuhkan pada komputer kolektif (misalnya di lab sekolah dll.). Prinsip instalasi normal Ubuntu tidak bisa melakukan hal ini.
  5. Anda bisa membagikan instaler yang telah disimpan kepada orang lain. Ini sama dengan kebiasaan Anda umumnya di Windows atau Mac OS X. Metode berbagi pun tidak terbatas, bisa lewat internet, lewat CD, atau metode lainnya. Bahkan Anda bisa menyertakannya dalam remasteran Anda. Prinsip instalasi normal Ubuntu tidak bisa melakukan hal ini.
  6. Anda bisa mengetahui dengan pasti berapa ukuran berkas suatu aplikasi dalam satu kali lihat. Prinsip instalasi normal Ubuntu tidak bisa melakukan hal ini. Anda hanya bisa melihat ukuran berkas satu per satu per paket, menjumlahkannya sendiri satu per satu untuk keseluruhan dependensi untuk 1 aplikasi, dan yang paling sulit menemukan seluruh dependensi lengkap untuk 1 aplikasi. Alldeb menghemat waktu dan daya otak Anda dengan sangat baik.
  7. Anda tetap bisa upgrade aplikasi yang diinstal dari paket .alldeb secara normal di Ubuntu. Tidak seperti instalasi dari kode sumber yang umumnya tidak kompatibel dengan apt. Ini dikarenakan program Alldeb mempersatukan kecerdasan dpkg dan apt dalam satu tempat, sehingga yang berubah hanya state instalasi (yakni 100% offline) sedangkan sifat-sifat dan kelebihan aslinya sama sekali tidak dibuang. Salah satunya adalah upgradable.
  8. Anda bisa mendirikan situs semacam Softpedia sendiri untuk GNU/Linux, karena sekarang instalernya sudah single offline. Tidak seperti dulu lagi yang harus resolve depencies. Contohnya BengkelUbuntu.org ini.

802 total views, 4 views today